Moments and Memories

Friday 11 August 2017

Perjalanan London - Day 9 - British Museum, Library and Regent Park

Wah... semua enak sekali tidurnya sudah mau jam 8 pagi juga tak tampak ada yang ingin bangun. Semua mulai sesuai dengan  suasana dan lingkungan rumah.
Sayang 3 hari lagi kami harus kembali ke kota Jakarta.
Awal rencananya ingin ke Cambridge tapi satu dan lain hal semua berubah.
Hari ini hanya saya, Calvin, Josh dan Adison. Kami baru jalan jam 11 siang.
Tujuan pertama adalah British Museum.
Namun sebelum sampai, dijalan mampir ke toko yang jual Cap. Dari sana mampir lagi ke cafe Le Gordon Blue (tempat belajar kue sebenarnya. Bisa dibilang cafe ini bisa jadi ajang promosi untuk orang belajar). Akhirnya baru masuk ke British Museum. Pemeriksaannya ketat.
Koleksi British Museum yang paling ditonjolkan adalah Koleksi Mummy, ada di lt 3. Awal masuk ke dalam Museum ini, Wow bangunannya. Baik Aku dan Calvin tertarik mengunjungi bagian peradaban dunia kuno Mesopotamia, roma kuno, Mesir, yunani...
Kira kira waktu menjelaskan kepada Josh bisa dikaitkan dengan kehidupan jaman Bapa Abraham dahulu, kemudian kehidupan bangsa Israel di Mesir hingga nantinya Jaman Tuhan Yesus. Josh bukan anak yang tertarik dengan hal demikian. Kami juga dahulu. Tp dengan perlahan belajar, setidaknya bisa lebih menikmati, dan kami berharap Josh juga demikian.
Dari British Museum, kita jalan lagi cari makan siang menuju sore.
Melihat tulisan disatu papan "Fish and Chip 11.5£" dan ada tempelen tripadvisor di pintunya, masuklah kami ke dalam restonya. Pas duduk lihat menu baru sadar, oh ooo, ini makanan khas Turki.
Memang ada ditawarkan didepan restaurant fish and chip, tapi akhirnya kami pesan menu lainnya. Nama restaurantnya....... ada beberapa cabang juga. Aku dan Calvin lumayan cocok dengan rasanya, pesan menu fish, lamb, meatball dan children menu, semua havis dimakan. Nah total costnya sekitar 50£.
Dari sini kita naik bus ke British Library, ternyata disini kita tidak bisa sembarang masuk ke tempat bukunya. Walaupun disebutkan wikipedia sebagai Museum dengan koleksi terbanyak ke 2 didunia, tapi tak terlihat. Beda waktu mengunjungi Melbroune Library, disana boleh masuk area buku. Tp memang jarang juga yang masuk. Mungkin beda dengan British Library, takutnya malah yang benar benar mau cari literatur jadi terganggu oleh kami pengunjung.
Disini ada koleksi perangko dan juga ruang untuk koleksi yang ada. Kami datang sudah dekat jam tutup. Tp untung masih bisa lihat koleksi alkitab king james dahulu, trus koleksi tulisan penulis dahulu dsb.
Oiya, masuk ke Museum Library, sebenarnya pandangan tertuju pada bangunan disampingnya, epic dan megah banget dibanding bangunan Library yang lebih plain.
Maka sesudah selesai dari Library, (kita juga tidak bisa ke area belakang tamannya karena lagi ada acara mourning), kita jalan kesebelah. Ternyata itu St Hotel Pancras International, sambung dengan King Cross station. Wahhhhhhh..... ini nih yang memberi inspirasi pembuatan Harry Potter. No wonder. Hmmm bagaimana yah isi kamarnya hehehe, mari intip di google.
Jam sudah menunjukkan jam 6 sore, masih tak rela balik, maka saya paksakan kita ke Regent Park naik bus dari depan statiun King Cross.
Oke baru kali ini kita lihat orang sebanyak itu di jalanan London, benar benar penuh sekali. Selain karena peak hour, statiun ini memang yang menghubungkan ke kota kota terdekat.
Jangan lepaskan tangan anak anak, sebentar saja bisa tak terlihat karena banyaknya orang.
Tiba di regent park sudah mau jam 7. Wah Josh dan Adison lari lari lari, guling guling, main lempar roket. Luas sekali taman ini.
Jalan hingga melewati area teater terbuka, mendengar suara nyanyian dari balik tembok kayu. Kita masih jalan terus dan disana hampir sampai jam 9an, sampai ada mobil keliling mengatakan taman akan segera ditutup. Ada daerah taman bunga yang indah. Sayang belum sempat menjelajah semua tempatnya.
Waktu pulang kami ragu antara naik bus atau naik underground. Naik underground harus pindah sedangkan anak anak sudha ngantuk..tapi akhirnya kami juga tidak ketemu bus yang satu kali jalan, mesti ganti juga.
Bus satu kali jalan itu paling dekat dari area British Library.
Kami pulang paling malam 10.30pm
Pulang sampai rumah bebersih langsung tidur.