Moments and Memories

Moments and Memories

Wednesday 16 August 2017

Makhluk Sosial

Saat menulis hal ini, kesulitan pertama muncul pada saat harus menulis kata "makhluk". Sangking lamanya tak pernah tulis kata ini.

Istilah Manusia adalah Makhluk Sosial - yaitu manusia yang berinteraksi dengan sesama nya.
Namun dalam perjalanannya seringkali saya berpikir lebih baik mengerjakan sendiri apa yang bisa dikerjakan.
Bisa jadi dalam interaksi ada ketakutan mengecewakan dan dikecewakan.

Ok sebenarnya hanya ini cerita bagaimana koq tiba tiba kata ini muncul di pikiranku.

Hari ini Josh selesai sekolah jam 14.40.
Harus tepat waktu menjemput untuk segera pergi les jam 15.00 (satu2nya les di hari sekolah). Janjian dengan mbk akan anterin Josh ke gerbang sekolah.
Jam dirumah sudah menunjukkan 14.20.
Eitsss sampai depan pintu, mana nih kunci rumah. Gawat pagar juga terkunci.

Telpon mbk tidak masuk. Oh tidak.... menyesal kenapa tidak turutin papa supaya mbk kost saja yang antar Josh les biar aku istirahat dan sembuh dari batuk pilek yang mengganggu ini.

Telpon papa... ok akhirnya masuk. Pa, dimana kunci rumah? Kamu tadi pagi bawa yah?
Iya, rasanya ketinggalan di mobil.

Erhmmmm... gimana caranya mobil di depan pagar rumah.
Waktu terus berjalan.... pilihannya lompat pagar atau cari cara lain.

Saat itu didepan rumah ada ibu ibu yg memang biasa menyapu jalanan.
Interaksi bersama ibu-ibu hanya saat beberapa kali saya keluar memberikan makanan.
Selain itu tak pernah berbicara banyak.

Kuberanikan diriku. Sambil berdiri di pagar yang terkunci.
Bu, bu, mau minta tolong, kunci pagar ketinggalan di mobil aku tak bisa keluar.
Bolehkah tolong ibu lihat di mobil?
Ibu pun berjalan ke arah mobil lihat dijalanan. Dia bilang tidak ada.
Bu, tolong dibuka pintu mobilnya.
Terlihat ragu ragu, tapi saya memohon, ibupun akhirnya membukanya dan  yups ketemu kuncinya.
Wah senang akhirnya bisa keluar. Saya ucapkan terima kasih buat si ibu.

Karena buru buru saya hanya membalas dengan ucapan terima kasih. Dan saya merasakan ketulusan ibu membantu saya.
Sepanjang di perjalanan saya jadi belajar lagi, apa itu makhluk sosial.
Interaksi yang tidak memandang status, ras dan sebagainya. Saya alami hari ini.

No comments:

Post a Comment