Moments and Memories

Moments and Memories

Saturday 28 October 2017

Sepenggal Kisah Pelayanan di Samosir Maret 2016

Setelah melalui banyak pertimbangan, aku memutuskan untuk ikut dalam KKR kali ini.
Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Samosir menjadi tujuan pelayanan.
Subuh pagi hari, aku sudah tiba di bandara. Brrr udara yang dingin sekali terasa hangat takkala aku melihat teman-teman pelayanan sudah berkumpul.

2,5 jam perjalanan pesawat, kami tiba di Medan. Tim pun dibagi dan dilanjutkan perjalanan darat 6 jam hingga mencapai basecamp kami di Tele.
Base camp kami terletak dibagian tertinggi dari kabupaten Samosir. Dari belakang rumah, turunnya matahari senja dengan latar gunung dan danau Toba menjadi memory pertama akan kunjungan ini.

Menjelang malam, kami segera melakukan pemetaaan daerah, dan membagi sekolah.
Aku langsung kebagian di hari pertama. Deg-deg-deg itu yang kurasakan sepanjang malam.
Seharusnya Aku ingin ikut belajar dahulu dari para senior yang sudah pernah pelayanan.

Dihari kedua Pagi-pagi buta, aku sudah bangun, bersiap, dan di drop di sekolah pertama. Ada sekitar 4-5 Sekolah didalam List ku.
Bagaimana ke sekolah selanjutnya, aku tak tahu. Aku hanya berdoa dan berserah.

Entah bagaimana, selalu ada orang sekolah bahkan kepala sekolah yang bersedia mengantarkan ku dari satu sekolah ke sekolah lainnya.
Tiba sampai sekolah yang ke 4, hanya tinggal 1 jam menjelang akhir sekolah.
Kulihat catatanku, Posisi sekolah ke 5 ada di atas gunung. Tidak ada yang bersedia mengantarkanku, Jalanannya jauh butuh 1jam, naik ke atas gunung, jalanan berbatu, sekolah pasti sudah bubar saat aku tiba. Semua alasan diberikan kepadaku sebagai kata penolakan.

Terus terang aku bingung bagaimana caranya untuk kesana. Setelah permisi kepada kepala sekolah, aku melangkahkan kaki ke jalanan umum. Tidak ada kendaraan umum yang lewat.
Di tengah kebingungan, terlihat satu warung dengan motor diparkir didepannya.
Aha…… timbul ide, kucoba beranikan diri, kusamperi pemilik warung.

“Permisi Pak, maaf pak, aku sedang pelayanan, apakah boleh aku meminta tolong……..” Kulanjutkan perkenalan dan permohonanku untuk boleh diantarkan ke sekolah ke 5 di atas gunung. Namun aku pun ditolak, karena sedang tidak ada yang jaga warungnya. Hmmm yah memang, permintaanku agak berlebih. Bagaimana mungkin aku seorang asing datang dan langsung meminta hal yang sukar untuk diantar ke gunung, 1 jam perjalanan pula.

“Kamu coba cari cara, bagaimana supaya kamu bisa kembali ke base camp” kata teman sepelayanan yang coba ku telepon. Ya, rasanya pupus harapan bisa melayani ke sekolah di gunung itu. Sedih pastinya, karena pelayanan kkr ini hanya setahun sekali. Jika tidak kali ini, berarti mereka harus menunggu tahun berikutnya lagi.

Aku hanya meninggalkan pesan kepada teman se-tim bahwa aku tidak bisa menjangkau sekolah ke 5.

“Pak, bagaimana yah caranya agar aku bisa balik ke…..” Kuberitahu alamat basecamp ku.
Bapak yang mungkin kasihan padaku. Dia berjalan ke pinggir jalan.
Di stop mobil pertama, terlihat berbincang-bincang dan mobil itu jalan kembali. Hmmm, tampaknya usaha bapak yang pertama ditolak karena beda arah.
Selang beberapa menit, kembali ada mobil di stop. Kulihat dari kejauhan Bapak memanggilku, ada harapan nih jeritku dalam hati.
“Sini, ikut bapak ini yah, kamu akan aman kembali ke tempatmu”. Horeee……..

Dalam perjalanan, bapak disebelahku bercerita tentang hidupnya yang mulai berkompromi terhadap hal yang tidak benar. Disini, aku merasa diberi kesempatan untuk dapat berbincang tentang Injil kepada beliau.

Tidak sampai 30menit, aku tiba di base camp. Dan aku mendapat pesan bahwa sekolah yang digunung itu ternyata bisa dijangkau oleh teman se-tim ku dan dilayani. Wah, senang dan terharu rasanya. Yah Tuhan, rencanaku bukanlah rencanaMu. Di tengah ketidakpastian, Engkau memberi yang terbaik dan aku bersyukur boleh mengalami perjalanan iman ini.









No comments:

Post a Comment