Moments and Memories

Monday 3 July 2017

Day 7 - Tokyo Wide Pass Trip 1 - Lake Kawaguchiko

Setelah melihat cuaca di tokyo, kami memutuskan untuk membeli Tokyo Wide Pass, sejenak melihat keluar dari kota Tokyo.
Harga Tokyo Wide Pass 10000¥ untuk 3 hari. Klik untuk keterangan lebih lengkap.
Sempat berpikir apakah akan keluar tokyo seperti ke Osaka maupun Kyoto. Tapi liburan 10hari dengan 3orangtua dan 2anak, menjadi hal yang lebih mudah untuk tinggal di satu kota saja.
Akhirnya pilihan jatuh pada Tokyo Wide Pass - biarkan para orang tua bisa menikmati shinkansen, walau jaraknya tak terlalu jauh.
Hari pertama Tokyo Wide Pass kami gunakan ke Lake Kawaguchiko.
Shinjuku - Otsuki dengan Chuo Line
Otsuki - Lake Kawaguchiko dengan Fujikyu Railway.
Untuk Fujikyu Railway ada Lokal dan Express. Jika dapat tempat, naiklah yang Express. Keretanya baru dan bagus. Bisa reserved seat dengan tambahan 100¥. Tapi karena kami sudah buru-buru, langsung saja masuk dan memang berdiri.
Fujikyu railway sempat berhenti di titik dimana Mt. Fuji terlihat dengan jelas , istilahnya best scenic dari kereta ini.
Tantangan yang muncul adalah saat tiba di stasiun Lake Kawaguchiko.
Bagaimana caranya bisa ke daerah Danau?.
Cukup kaget karena tidak tahu bahwa IC Card tidak bisa digunakan sebab tak ada bus lokal yang ke arah Lake tersebut.
Entah kami yang kurang informasi atau apa, dan dengan penjelasan dari Volunteer English Tour Guide, kami dapat info hanya ada bus sightseeing, 1200¥ untuk Red dan Green line, sementara 1500¥ untuk 2Line sebelumnya + Blue Line.
Menurutku dengan ambil Red dan Green saja belum tentu bisa dilihat. Apalagi jam kami tiba disana sudah menuju jam 12siang.
Harga one way ticket ke nature valley nya 480¥, dari sana kita hitung, baiklah, jangan-jangan kita sempat ke tempat lain, jd belilah Pass Red dan Green line 1200¥.
Ok, bus pertama Red Line. Ramai sekali yang antri, kami melewatkan satu bus dahulu, baru dapat bus berikutnya, selisih 15menit, dijemur dibawah terik matahari. Teganya tak ada tempat berteduh.
Kami berhenti di line 22, tertarik dengan festival bunga lavendernya.
Ramai sekali walaupun panas....
Sebenarnya ini jadwal sudah terpaksa karena tak ada waktu lain lagi. Belajat flexible dan kami bersyukur saja karena cerah.
Langsung makan bekal. Sesudah perut tenang, dengan panasnya matahari, kami pun berfoto foto.
Ada tenda tenda berjualan, mulai dari makanan, handy craft, payung, dll.
Sesudah 1jam disana, kami antri balik ke Stasiun Lake kawaguchiko.
Saat tiba kembali di stasiun utama waktu sudah jam 3sore, dan kami bimbang apakah akan gunakan green line atau tidak.
Tp sayang sekali jika tidak digunakan berkeliling, selisih 240¥ dikali dengan 7 orang, . Josh masih free disini. Lebih baik bayar biasa saja.
Dengan pertimbangan jam kreta masih memungkinkan Jadilah sepakat untuk segera antri bus.
Sama dengan bus Red, antri di siang hari itu sungguh panassss sekali.
Untuk green line kamipun dapat tempat duduk.
Sebenarnya bus red dan green kecil, tak sebanding dengan ketika banyak pengunjungnya.
Semua tetidur di seatnya. Tinggal aku pikir pikir kapan baiknya turun dari bus.
Awalnya kami mau sampai berhenyi terakhir dan balik kembali.
Dari peta waktu, ada jarak antara stasiun terakhir dengan asal kereta jalannya.
Drpd ambil resiko. Kami berhenti di satu tempat. Ternyata disana ada rumah rumah kuno. Kami tak masuk lagi karena perjalanan bus balik ke arah kami lagi adalah 20menit .
Sempat duduk duduk makan jagung dan beli kacang tanah. Besar sekali kacang disini. Josh sampe seru makannya.
Jagung hasil panen sendiri.
Antri bus naik lagi kembali, tak ad tempat duduk. Josh duduk di pojok tangg kecil dan tertidur disana.
Sampai di stasiun kami memutuskan untuk makan sebelum pulang.
Ada satu tempura house diujung persimpangan lampu merah.
Harga 850 ¥ up per orang untuk menu set.
Sesudah perut tenang, kami jalan balik dan segera pintu dibuka, kami duduk di kereta.
Eh banyak sekali orang diindonesia.
Tiba tiba terdengar suara orang manado.
Dan dari cerita cerita mereka adalah keluarga dokter.
Papa Mama dosen di universitas sam ratulangi, anak dokter jantung. Wow....
Mereka jalan jalan sendiri juga.
Waktu pulang kami tidak reserved seat,
Jd carilah gerbong yang unreserved seat, antri dan duduk.
Perjalanan balik ke apartment pun dimulai.
Tips ke Lake Kawaguchiko dengan Tokyo Wide Pass.
Pergi lah dengan train sepagi mungkin. Agar cuaca masih bersahabat.
Jika tiba diperkirakan waktunya cukup, beli lah Pass Red dan Green line
Bawa bekal makanan. Sebab di stasiun Lake Kawaguchiko makanannya standard sekali sekitaran 800¥.
Bawalah payung. Jika cerah maka terik sekali.